Mengenal Perbedaan Climate Mitigation Dan Climate Adaptation

Mengenal Perbedaan Climate Mitigation Dan Climate Adaptation

Perubahan iklim merupakan salah satu tantangan terbesar yang dihadapi dunia saat ini, dengan dampak yang signifikan terhadap sistem alam dan manusia. Untuk mengatasi masalah ini, ada dua pendekatan utama yaitu climate mitigation dan climate adaptation.

Walaupun kedua pendekatan tersebut bertujuan untuk mengurangi dampak negatif perubahan iklim, terdapat perbedaan mendasar di antara keduanya. Pada artikel ini, kami akan membahas perbedaan tersebut serta kaitannya dengan upaya mengatasi perubahan iklim. Langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Mengenal Perbedaan Climate Mitigation Dan Climate Adaptation

Apa itu Climate Mitigation?

Strategi climate mitigation bertujuan untuk mengurangi atau mencegah perubahan iklim itu sendiri sehingga masyarakat dan ekosistem tidak perlu terlalu banyak melakukan penyesuaian supaya bisa berkembang di bawah rezim iklim yang baru.

Mitigasi tetap membutuhkan perubahan gaya hidup karena mitigasi atau pengurangan perubahan iklim akan mengurangi perilaku atau proses yang menyebabkan perubahan iklim.

Apa itu Climate Adaptation?

Climate adaptation mengacu pada proses penyesuaian sistem alam atau manusia sebagai respons terhadap dampak perubahan iklim yang nyata atau yang diperkirakan, untuk mengurangi dampak buruk atau memanfaatkan peluang baru.

Langkah-langkah adaptasi ditujukan untuk mengurangi kerentanan masyarakat dan ekosistem terhadap dampak perubahan iklim, seperti kejadian cuaca ekstrem, kenaikan permukaan air laut, dan perubahan pola suhu dan curah hujan.

Langkah-langkah ini dapat mencakup langkah struktural, seperti membangun tanggul laut atau merelokasi infrastruktur jauh dari daerah rawan banjir, serta langkah-langkah non-struktural, seperti menerapkan sistem peringatan dini, meningkatkan perencanaan penggunaan lahan, dan mengembangkan tanaman yang tahan terhadap kekeringan.

Perbedaan Climate Mitigation Dan Climate Adaptation

Salah satu perbedaan mendasar antara adaptation dan mitigation perubahan iklim adalah fokusnya. Walaupun adaptasi berfokus pada penyesuaian sistem alam atau manusia untuk mengatasi dampak perubahan iklim, mitigasi berfokus pada pengurangan emisi gas rumah kaca untuk membatasi dampak perubahan iklim.

Perbedaan utama lainnya antara kedua pendekatan ini adalah kerangka waktunya. Langkah-langkah climate adaptation biasanya dilaksanakan dalam jangka pendek hingga menengah, dengan fokus pada mengatasi dampak langsung perubahan iklim.

Sebaliknya, langkah-langkah mitigation difokuskan pada jangka panjang, dengan fokus pada pengurangan emisi gas rumah kaca dari waktu ke waktu untuk membatasi dampak perubahan iklim di masa depan.

Jenis strategi yang digunakan untuk adaptasi dan mitigasi juga berbeda. Langkah-langkah climate adaptation cenderung lebih spesifik pada konteks, dengan strategi yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik sistem alam atau manusia.

Sebaliknya, langkah-langkah climate mitigation cenderung lebih terstandarisasi, dengan fokus pada pengurangan emisi gas rumah kaca di berbagai sektor perekonomian.

Terakhir, terdapat juga perbedaan pemangku kepentingan yang terlibat dalam upaya adaptasi dan mitigasi. Adaptasi biasanya melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk masyarakat lokal, pemerintah, dan LSM. Sebaliknya, mitigasi cenderung melibatkan sekelompok pemangku kepentingan yang lebih kecil, terutama pemerintah dan dunia usaha.

Sebagai bagian dari sektor swasta Indonesia, perjalanan perusahaan Anda untuk berkomitmen untuk net zero bisa didampingi oleh Net Zero Hub, sebuah inisiatif oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) yang tersedia untuk mendorong bisnis Indonesia ke dalam ruang net zero global.

Bersama, kita bisa mencapai Net Zero Emission di Indonesia. Bergabunglah dengan program Net Zero Hub untuk mengurangi emisi karbon dengan science based emission, Seperti Emission Reduction, Climate Mitigation dan Climate Adaptation. Mari kita terus berkontribusi untuk menjaga lingkungan dan mewujudkan masa depan yang lebih baik untuk Indonesia.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Us

Blog Informasi Masa Kini

Featured Posts