Kenapa Harus Melakukan Cek Bandwidth

Kenapa Harus Melakukan Cek Bandwidth ?

Untukmu yang biasa menggunakan internet tentu tidak asing lagi dengan istilah bandwidth atau yang bisa dikenal sebagai suatu kecepatan dari jaringan internet.

Istilah bandwidth sendiri mengacu pada kapasitas transmisi koneksi, dimana ini adalah faktor penting ketika menentukan kualitas dan kecepatan jaringan atau koneksi internet. Dengan kata lain, bandwidth adalah jumlah maksimum data yang dikirimkan melalui koneksi internet dalam jangka waktu tertentu yang dihitung dalam bit/detik atau yang biasanya di sebut dengan bit per second (bps), Jadi dapat disimpulkan bandwidth yaitu kapasitas maksimum dari suatu jalur komunikasi yang dipakai untuk mentransfer data dalam hitungan detik. Fungsi bandwidth adalah untuk menghitung transaksi data.

Bandwidth sendiri memiliki fungsi sebagai :

Kenapa Harus Melakukan Cek Bandwidth

  1. Jalur transfer data Bandwidth dalam internet memilki fungsi sebagai jalur transfer data Seperti analogi pipa dan air di atas, Bandwidth menjadi jalur yang menghubungkan jaringan internet dari satu perangkat ke yang lainnya agar bisa melakukan transfer data.

Misalnya, Anda menggunakan perangkat router atau modem yang memancarkan koneksi internet lewat jaringan WiFi ke komputer. Di dalamnya, ada Bandwidth sebagai jalur untuk menghantarkan koneksi supaya komputer bisa transfer data di internet.

 

  1. Membatasi kecepatan transfer data

Fungsi ini biasanya dipakai oleh administrator atau pemilik koneksi internet agar menjaga kecepatan transfer data bisa berjalan optimal. Apabila ada aktivitas yang banyak memakan kuota Bandwidth, seperti live streaming online, secara signifikan bakal menganggu kecepatan transfer data pada pengguna lain yang ada dalam satu jaringan koneksi internet. Dengan pembatasan kecepatan internet itu, pengguna yang ada dalam satu jaringan koneksi internet bakal menerima kuota Bandwidth yang sama. Jadi, tidak ada Bandwidth yang tersedot secara timpang akibat aktivitas seperti di atas, sehingga semua pengguna bisa mengakses internet secara nyaman dan adil.

Ada beberapa alasan dalam melakukan cek bandwidth.

  • Mengukur bandwidth diperlukan untuk memastikan bahwa setiap koneksi berbayar sesuai dengan janji layanan. Pengguna kategori rumahan bisa menjalankan tes bandwidth secara online, seperti tes kecepatan DSLReports untuk melihat berapa banyak dari koneksi “hingga 40 Mb/s” yang dibebankan oleh penyedia layanan internet (ISP). Sementara koneksi perusahaan mungkin lebih baik dilayani dengan mengukur throughput antar kantor yang dihubungkan oleh koneksi jalur operator.
  • Untuk mengetahui jumlah bandwith yang dibutuhkan, harus terlebih dahulu menghitung perangkat yang dimiliki. Kemudian, intensitas penggunaanya, semisal untuk streaming, bermain game, dan aktivitas berkapasitas tinggi lainnya yang membutuhkan kecepatan bandwidth tertentu. Semakin banyak bandwidth yang dapat diberikan penyedia layanan, semakin cepat pula internet berjalan tanpa jeda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Us

Blog Informasi Masa Kini

Featured Posts